KORANMAKASSAR.COM  — Makassar International Eight Festival atau biasa disebut F8 akan dihelat 10-14 Oktober 2018 mendatang. Berbagai kesiapan Panitia terus dilakukan untuk menyambut para tamu baik dalam maupun luar negeri.

Khusus tamu luar negeri, 29 negara menyatakan siap hadir dan menjadi saksi kemeriahan event nasional yang dicetuskan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto. Diantaranya, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Italia. Meksiko, Malaysia, Australia, Polandia, Filipina, dan Spanyol.

Kata Danny, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Konsulat Jenderal (KonJen) dari berbagai negara sahabat dan juga negara yang memiliki hubungan sister city untuk hadir di event tahunan tersebut.

“Alhamdulillah, tim sudah bergerak dari beberapa hari lalu. Hingga hari ini, kita sudah ada 29 negara menyatakan hadir. Maka dari itu, kita perlu dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan event F8,” ungkap Danny Pomanto, pada Presscon di Hotel Arthama Makassar, Selasa kemarin (2/10/2018).

Selain tamu luar negeri, Kata Danny, ada sekira 30 perwakilan dari pemerintah se Indonesia juga menyatakan kesiapannya menghadiri event berskala internasional itu selama lima hari kegiatan.

Danny menambahkan, untuk mensukseskan tim yang dibentuk memfokuskan penyelesaian tempat perhelatan. Dimana, progresnya mencapai 85 persen, namun dirinya berharap kesiapan bisa sampai 95 persen dalam dua hari kedepan.

“Alhamdulillah, kesiapan kita sudah 85 persen tinggal penerapannya. Sehingga pembenahan-pembenahan terkait tempat event dua tiga hari sudah selesai,” ucapnya.

Lebih lanjut Danny mengatakan, kawasan Center Point of Indonesia (CPI) akan digunakan sebagai salah satu kawasan perhelatan event F8, dimana akan ada floating market berupa kapal-kapal nelayan yang akan menjajakan hasil lautnya ke peserta F8.

“Disini (CPI) tempat karnaval, ada juga both yang akan dipasang untuk berjualan dan dipinggir pantai pasir putih akan ada jamuan makan malam bersama para tamu VIP,” ungkapnya.

Selain itu, Danny menjelaskan, di kawasan CPI ini juga akan dibuatkan parkiran untuk kendaraan roda dua (motor) dan roda empat (mobil). Akan ada juga lampu-lampu yang bernuansa romantis menambah kemeriahan event F8.

“Kita akan adakan 10 ribu lampu-lampu berbentuk lampion, tanaman dan bendera-bendera kebutuhan F8,” jelasnya. (*)

baca juga : Kantor DPRD Kota Makassar Disambangi Forum Peduli Rohingya