oleh

Kapal TB Muara Sejati Hilang Kontak, Keluarga ABK di Takalar Menanti Kabar

TAKALAR, KORANMAKASSAR.COM — Kabar tentang hilangnya Kapal TB Muara Sejati bermuatan batu bara dari Palembang tujuan Pontianak di Perairan Selat Karimata membuat keluarga 10 orang ABK dari berbagai daerah menjadi khawatir.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima 13 kali pacaran sinyal marabahaya kapal dengan 10 orang ABK itu, hingga kini belum diketahui keberadaannya.

“KN SAR Karna 246 Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang pada pagi ini pukul 10.40 WIB diberangkatkan di Perairan Selat Karimata Kepulauan Riau setelah command center menerima informasi kecelakaan kapal TB Muara Sejati yang memancarkan sinyal distress alert (Sinyal Marabahaya),” kata Kepala Basarnas Bangka Belitung (Babel), I Made Oka Astawa, Sabtu (31/12/2022) kemarin.

I Made mengatakan, sebelumnya sebanyak 13 kali LUT Basarnas menerima informasi pancaran sinyal distress alert kapal TB Muara Sejati dari tanggal 30 Desember 2022 Pukul 06.38 WiB hingga 10.25 Wib.

Perlu diketahui LUT (Local User Terminal), merupakan ground segment dari COSPAS-SARSAT yang berfungsi untuk menerima sinyal dari satelit, untuk memperhitungkan posisi distress alert yang dipancarkan oleh Beacon (ELT,EPIRB dan PLB),” katanya.

Ia melanjutkan Kapal TB Muara Sejati menggandeng tongkang bermuatan batu bara dan 10 ABK, berikut 10 ABK Kapal TB Muara Sejati:
1. John Kakalang (L/66)
2. Fachrul Fauzi (L/34)
3. Adi Taruk Kendek (L/29)
4. Anton Marzuki (L/51)
5.Ll Lukman Nul Hakim (L/40)
6. Asril Basri (L/24 )
7. Sunardi (L/ 24)
8. Ari Setiawan (L/25 )
9. Arif Rizki Alfianto (L/25 )
10. Kurniawan Imam Setiaji (L/27 )

Muslim Tarru salah seorang keluarga ABK asal Kabupaten Takalar mengungkapkan bahwa setelah mendapatkan kabar dari keluarga dan mencari tahu informasi, ternyata memang benar ada berita dari media online yang memberitakan tentang hilang kontaknya Kapal TB Muara Sejati diselat Karimata.

” Kami sangat berharap kabar perkembangan dari pencarian Kapal TB Muara Sejati tetap diberitakan agar kami dapat mengetahui info terkini”, harap Sekretaris PD IWO Takalar ini, minggu (01/1/23).

baca juga : Wabup Jeneponto Sambangi Lokasi Pencarian Korban KLM Kasman Indah 06 yang Tenggelam

Muslim menambahkan bahwa sebagian keluarga ABK kapal TB Muara Sejati juga sudah ada dalam group WA yang dirinya buat khusus untuk para keluarga ABK yang mencari info, inisiasi tersebut dilakukan karena kekhawatirannya terhadap keluarga yang berada dalam kapal TB Muara Sejati.

“Saya juga harap pihak Perusahan Kapal TB Muara Sejati untuk menjalin komunikasi dengan baik agar kami mendapatkan kabar terkini tentang pencarian kapal ini, mari kita doakan semoga semua awak kapal secepatnya ditemukan dalam keadaan selamat dan semoga para tim pencari kapal TB Muara Sejati diberikan perlindungan oleh Allah Swt dan diberi kemudahan”, ungkap Muslim.

Terakhir, apabila ada keluarga ABK TB Muara Sejati yang ingin bergabung digroup WA pencari info bisa hubungi nomor admin group 082197106564. (*)