oleh

Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud Pantau Tes Kesehatan Atlet yang Akan Berlaga di PON 2024

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan (Sulsel) Yasir Machmud bersama para pengurus KONI menghadiri kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi 408 atlet Sulsel yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Medan September mendatang.

Pemeriksaan kesehatan atlet tersebut dilasanakan di klinik kantor KONI Sulsel yang dimulai pada tanggal 8 hingga 11 Juni 2024.

Menurut Ketua Tim Klinik KONI Sulsel, H. Muh. Thahir, S.Fit.Phsyco, M. Kes mengatakan tes kesehatan ini untuk atlet yang lolos masuk ke PON Aceh-Sumut 2024.

“Kami dari tim kesehatan melakukan pemeriksaan yaitu pertama adalah tes endurance daya tahan jantung dan paru, hal ini kita utamakan karena disinilah pokok utama dari atlet keberhasilannya selama latihan apa bagus atau tidak karena di dalam tes daya tahan endurance ini ada beberapa faktor, yang kedua selanjutnya adalah tahap pemeriksaan postur”, jelas Ahli Fisioteraphy kepada media, minggu (9/6/24).

Thahir menambahkan bahwa langkah ini diambil untuk memastikan bahwa para atlet dalam kondisi prima sebelum berlaga di arena PON 2024.

Sementara Ketua KONI Sulsel, Yasir Machmud saat memantau tim klinik dan atlet mengungkapkan kalau pentingnya pemeriksaan kesehatan ini.

“Tes kesehatan ini adalah syarat untuk mengetahui kondisi kesehatan atlet yang akan berlaga pada September mendatang, agar harapan kita semua atlet Sulsel dapat berprestasi”, ujar Yasir.

Ia menambahkan bahwa kesehatan dan kebugaran atlet adalah prioritas utama untuk mencapai performa terbaik di PON 2024 nanti.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KONI Sulsel untuk mempersiapkan para atlet secara maksimal dan memastikan para atlet dalam kondisi terbaik untuk menghadapi kompetisi nasional tersebut.

baca juga : PJ Gubernur Undang KONI Sulsel, Diskusikan Keluhan Atlet dan Kesiapan PON 2024

Pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi dan menangani masalah kesehatan yang mungkin dihadapi para atlet, sehingga mereka dapat bertanding dengan optimal.

Dengan perhatian penuh terhadap kesehatan atlet, Yasir Machmud berharap dapat meraih prestasi gemilang di PON XXI Aceh-Medan 2024.

Setelah ini akan ada tes fisik yang akan dilakukan oleh tim Binpres dan Tim Monev yang telah dibentuk KONI Sulsel dan akan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 15 Juni 2024. (*)

Komentar