oleh

LMND Makassar : Rezim Jokowi dan Ma’ruf Amin Krisis Demokrasi

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Puluhan aktivis mahasiswa dari Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK- LMND) Kota Makassar, menggelar aksi unjuk rasa Refleksi 76 Tahun Indonesia di bawah jembatan Flyover Jl. Urip Sumoharjo Kecamatan Panakukang Kota Makassar, Kamis (26/8/2021).

Para aktivis peserta aksi menilai Rezim Jokowi dan Ma’ruf saat ini sedang berada dalam fase krisis demokrasi.

Kepada media, Pelaksana Tugas Sementara Ketua EK-LMND Kota Makassar, Arisaldi menyebutkan bahwa problem yang terjadi di negara sangat kompleks dan belum terselesaikan selama Indonesia merdeka mulai dari kesenjangan sosial, Ekonomi dan Politik.

“Ekonomi hanya dikuasai oleh segelintir orang yang kita sebut oligarki. Mereka telah membeli demokrasi dan seluruh perangkat Negara, akhirnya berdampak kepada ekonomi rakyat,” katanya.

Arisaldi juga mengatakan bahwarRakyat kelas menengah ke bawah saat menjerit akibat dampak ekonomi yang timbul di tengah pandemi Covid-19, ditambah lagi dengan pemberlakuan PPKM di beberapa kota termasuk di Makssar.

baca juga : Peduli Masyarakat yang Terdampak Pandemik EW LMND Sulsel Bagi Sembako

“Kami menilai Pemerintah telah abai terhadap rakyatnya karena tidak memberikan Jaminan Sosial di masa PPKM ini, khususnya mereka yang terdampak ekonomi seperti pedagang kecil, UMKM skala mikro, dan lain-lain,” tegasnya.

“Untuk itu kami meminta agar pemerintah segera mewujudkan pendidikan gratis ilmiah dan demokratis, hentikan diskriminasi terhadap aktivis, dan sahkan segera RUU PKS,” tambahnya.

Selain itu Arisaldi juga mendesak agar pemerintah mewujudkan kesehatan gratis bagi setiap warga. Di masa PPKM ini pemerintah diminta agar maksimalkan jaminan sosial dan maksimalkan vaksinisasi nasional.