oleh

Muchtar Pappi Terpilih Tomakaka PETA di Sendana Palopo

PALOPO, KORANMAKASSAR.COM – Rumpun Keluarga Besar Katomakakan PETA mengadakan pertemuan akbar dalam penetapan Tomakaka Peta atau Kepala Pemangku Adat Setempat. Tujuan pertemuan ini untuk menentukan siapa Tomakaka selanjutnya setelah meninggalnya Saharuddin Dg. Siama.

Pertemuan yang dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat, lembaga adat, tokoh agama serta pemerintah kecamatan setempat Kecamaan Sendana dan Mungkajang ini menetapkan saudara Muchtar Pappi sebagai Tomakaka selanjutnya.

Penetapan Muhtar Pappi ini dibacakan langsung oleh Saiful Leccengan (Anak Patolo). Pemerintah kecamatan sendana mendukung penuh pengangkatan saudara Muhtar Pappi sebagai Tomakaka selanjutnya karena disepakati oleh seluruh masyarakat peta dan ditetapkan oleh lembaga adat (Anak Patalo).

Ismul Pappi memberi sambutan mewakili rumpun keluarga Tomakaka Peta

Camat Sendana berharap tomakaka yang terpilih bisa menjadi tokoh sentral di tengah-tengah masyarakat Peta dan bisa bersinergi dengan pemerintah,” ujar Rombe, Camat Sendana.

Pemerintah kecamatan Mungkajang dalam hal ini diwakili Sekcam, Ummiana, berharap Tomakaka yang dipilih benar-benar bisa menyatukan masyarakat Peta.

Salah satu tokoh masyarakat PETA yang berlatar belakang pengusaha di Jakarta bapak Haji HM. Yunus SH, MH yg dihubungi via whatsapp mengatakan mendukung penuh pengangkatan saudara Muhtar Pappi sebagai Tomakaka Peta. Ia berharap Tomakaka Peta yang terpilih bisa menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat peta.

baca juga : Berbusana Adat Tanimbar, Presiden Jokowi Sampaikan Pidato di Gedung Nusantara

HM Yunus pun menginstruksikan langsung kepada pihak keluarga untuk segera melaksanakan pengukuhan dan pelantikan Tomakaka Peta sesegera mungkin.

Salah satu rumpun keluarga besar Tomakaka Peta yang terpilih Muhtar Pappi dalam hal diwakili oleh saudara Ismul Pappi menyampaikan Ucapan dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah dalam hal ini camat Sendana, camat Mungkajang, lurah peta, lembaga adat peta, tokoh-tokoh masyarakat. Terkhusus kepada bapak HM. Yunus SH, MH.

“Rumpun keluarga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan ayahanda HM. Yunus,” kata Ismul. (*)