oleh

Bahas Politik, Kaum Muda, dan Oligarki, EW LMND Sulsel Gelar Dialog Publik

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Melihat situasi sekarang, di mana peran kaum muda dalam kancah politik elektoral dihadapkan dengan dominasi oligarki di ruang-ruang politik, ekonomi, sosial dan budaya, Eksekutif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EW-LMND) Sulsel menggelar dialog publik.

Dialog publik yang mengusung tema ‘Jalan Baru Kaum Muda Dalam Kanca Politik Elektoral untuk Melawan Dominasi Oligarki’ ini digelar di Warkop 115, Jl. Toddo Puli Raya kota Makassar, Kamis (18/3/2021).

Sederetan tokoh muda hadir sebagai nara sumber dalam dialog ini. Mereka adalah Idham Raihutana, Ketua DPD Muda-mudi Demokrat (MMD) Sulsel, Andi Luhur Prianto, Akademisi Fisip Unismuh Makassar, Kanda Mulawarman, Penulis dan Jurnalis Senior, dan Bapak Muh Rudi, S.T., selaku Praktisi Politik, serta Bung Haerul Anwarmewakili Pengurus EW-LMND Sulsel, dan tak ketinggalan Sumitro Atmaja sebagai moderator alur langkah dialog publik ini sehingga menjadi hidup.

Di hadapan sekitar 50 orang peserta dari berbagai organ dan kampus di kota Makassar dan sekitarnya, Ketua EW-LMND Sulsel, M. Ikra H. Mustafa dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini kaum muda tidak pernah menjadi subjek aktif dalam kancah politik elektoral, padahal kita tahu bersama bahwa kaum muda adalah sebagai lokomotif perubahan sosial masyarakat.

“Karena kaum muda tidak mengambil peran dalam kancah politik, makanya banyak ruang-ruang politik yang didominasi oleh kaum oligarki,” ungkap Ikra.