oleh

BBIHP Makassar Gelar Business Matching Terkait Teknologi Walet dan Rumput Laut

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar melalui Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) BBIHP menggelar Business Matching bertajuk “Penguatan Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Budidaya Walet dan Rumput Laut” di Swiss-Belhotel International Jl. Boulevard Makassar, Kamis (21/10/2021).

Kegiatan tersebut memperkenalkan inovasi teknologi Rumah Cerdas Walet dan Alat USIRIKAN pengusir hama rumput laut. Sejumlah pengusaha, profesional, akademisi, Perbankan dan kepala dinas perdagangan dari beberapa daerah di Sulsel turut hadir dan berdiskusi dalam kegiatan tersebut.

Kepala BBIHP Makassar, Dr Setia Diarta MT, mengatakan Pelaksanaan Business Matching Tahun 2021 hari ini adalah yang ke 2 dilakukan setelah dilakukan di Kabupaten Sidrap bekerjasama dengan Pemda Kab. Sidrap dengan tema Penguatan Teknologi IKM Pakan Ternak. Kemudian pada tgl 26 Oktober 2021 nanti Bisnis Matching ke 3 dilaksanakan bekerjasama dengan Pemda Kab. Bantaeng yang mendorong hilirisasi produk potensi gula aren.

“Pelaksanaan program inkubasi Ini merupakan implementasi konkrit tindak lanjut dan mengisi Nota Kesepahaman atau MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten dengan Balai Besar Industri Hasil Perkebunan yang di Tandatangani oleh Kepala BBIHP dengan Kepala Daerah masing-masing,” ujar Setia.

baca juga : BBIHP Sosialisasikan Alat Pengusir Hama Rumput Laut “USIRIKAN” di Pangkep dan Takalar

Setia menjelaskan Inkubator Wirausaha di Indonesia mengacu pada dasar hukum Perpres Nomor 27 Tahun 2013 yang bertujuan untuk peningkatan nilai tambah pengelolaan potensi ekonomi melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian disebut Inkubator Bisnis Teknologi adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap Peserta Inkubasi (Tenant atau Klien Inkubator).

Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) BBIHP adalah inkubator bisnis yang berada dibawah Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian yang didirikan pada tahun 2014 diharapkan dapat mendorong lahirnya Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi melalui Program Startup Inovasi Indonesia (SII) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi BRIN yang tahun ini menginkubasi 5 (lima) Tenant yaitu : Herbal Mixx, Usirikan, Rumah Cerdas Walet, Canningrara dan Miristika Sweat atau Gosari.