oleh

KPUD Maros Resmi Melantik 309 Panitia Pemungutan Suara

MAROS, KORANMAKASSAR.COM — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Maros resmi melantik panitia pemungutan suara (PPS) sebanyak 309 orang dari 103 desa dan lurah yang ada di kabupaten Maros. Pelantikan para penyelenggara pemilu ini dilaksanakan di Lapangan Pelataran Grand Town Mandai Maros dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis pendalaman pengetahuan pemilu, Selasa ( 24/01/2023).

Menurut Syamsul Rizal selaku Ketua KPUD Kabupaten Maros mengatakan para penyelenggara pemilu yang dilantik hari ini merupakan para pejuang demokrasi yang ingin mensukseskan pemilihan umum yang jujur dan adil yang akan dilaksanakan tahun depan mendatang.

“Mereka yang dilantik hari ini telah melewati seleksi yang sangat ketat mulai dari tes kemampuan dan pengetahuan tentang aturan pemilu melalui tes tertulis sampai pada tes wawancara untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi supaya dalam tahapan sosialisasi mereka lebih mudah melakukannya dimasyarakat supaya tingkat partisipasi pemilih lebih meningkat dari pemilu sebelumnya”, jelas Syamsul Rizal.

baca juga : Bersama PPK Bontoa, KPUD Maros Laksanakan Tes Wawancara Bagi Calon PPS Tingkat Desa dan Kelurahan

Ditempat yang sama Syaharuddin Datu selaku Komisioner KPUD Kabupaten Maros divisi Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilu dan Sumberdaya Manusia mengatakan pelantikan para PPS merupakan tahapan yang paling sakral buat para pejuang demokrasi karena mereka sudah berkewajiban menjalankan tugas kepemiluan dengan baik dan penuh tanggungjawab.

“Tentunya kita berharap agar penyelenggaraan pemilu nantinya tidak lagi mengulang sejarah kelam pada pemilu sebelumnya atas banyaknya penyelenggara pemilu yang berguguran akibat kelelahan dan kecapean”, tambahnya.

Makanya sangat penting diberikan bimbingan teknis buat para PPS agar lebih mudah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka selaku pejuang demokrasi apalagi dalam kerja teknis otak dan otot sudah pasti akan bekerja extra keras demi menghasilkan data yang valid. (*)

Komentar