oleh

Mencari Bibit Atlet, Perbasasi Makassar Akan Sosialisasikan Olahraga Softball dan Baseball di Usia Dini

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Ketua Perbasasi Kota Makassar, M. Anshar, akan mensosialisasikan olahraga Softball dan Baseball untuk mencari bakat-bakat usia dini. Hal ini diumumkan oleh M. Anshar dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa, 6 Juni 2023. Olahraga softball, yang sangat populer di luar negeri, kini akan diperkenalkan secara luas di Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

M. Anshar menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan olahraga Softball di sekolah-sekolah, terutama pada tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Makassar. Menurutnya, Softball memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan menjadi olahraga yang diminati oleh anak-anak Indonesia.

Agus Suherman, selaku sekretaris Perbasasi, juga turut menjelaskan secara detail mengenai olahraga Softball dan Baseball. Meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan dalam aturan-aturannya, tetapi ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya.

Perbedaan pertama terletak pada ukuran dan kekerasan bola yang digunakan. Bola dalam softball lebih besar dan lebih lunak dibandingkan dengan bola baseball. Ukuran bola softball sekitar 12 inci, sedangkan bola baseball hanya sekitar 9 inci. Hal ini memudahkan pemain softball dalam menangkap dan memukul bola.

Selain itu, lapangan softball juga lebih kecil daripada lapangan baseball. Lapangan softball memiliki ukuran sekitar 60 meter x 30 meter, sedangkan lapangan baseball sekitar 90 meter x 30 meter. Ukuran lapangan yang lebih kecil membuat permainan softball menjadi lebih cepat dan lebih seru dibandingkan baseball.

Zuhaelsi selaku Bendahara Perbasasi, menjelaskan bahwa sosialisasi softball dan baseball ini bertujuan untuk mencari bakat-bakat usia dini, namun juga mencari bakat di semua usia. Mencari bakat pada usia dini dianggap sangat penting karena pada masa tersebut anak-anak memiliki kemampuan untuk berkembang dengan lebih baik. Namun, mencari bakat di semua usia juga dianggap penting karena setiap individu memiliki potensi yang dapat dikembangkan.

baca juga : Target Juara UGM Cup 2023, Tim Softball UNHAS Pamit dan Dilepas Kepala Dinas PU Makassar

Sosialisasi olahraga softball dan baseball ini diharapkan dapat menarik minat anak-anak Makassar untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Melalui kegiatan ini, diharapkan bakat-bakat muda dapat ditemukan dan dikembangkan sehingga dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan adanya upaya mensosialisasikan olahraga Softball dan Baseball ini, diharapkan dapat memberikan alternatif bagi anak-anak dalam memilih olahraga yang diminati. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan potensi olahraga di Kota Makassar secara keseluruhan. (*)