oleh

SMA MUHI Gelar Studi Lapangan ke Karanganyar dan Gunung Kidul

YOGYAKARTA, KORANMAKASSAR.COM — SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) melaksanakan studi lapangan bagi seluruh peserta didik kelas X tahun pelajaran 2022/2023. Seluruh siswa kelas X sejumlah 412 siswa yang terdiri atas 9 kelas MIPA dan 3 Kelas IPS, melaksanakan studi lapangan di tempat yang berbeda.

Dengan armada bus, kelas MIPA dibagi dalam dua kelompok keberangkatan. Keberangkatan kelompok pertama pada Sabtu, 11 Januari 2023. Kelompok kedua berangkat pada Sabtu 25 Januari 2023. Tujuannya adalah Agrowisata Amanah Karanganyar Jawa Tengah. Para peneliti muda ini melaksanakan pengambilan data dari Mata Pelajaran Biologi, Kimia, dan Fisika.

Selama mengikuti kegiatan, para siswa ditanamkan nilai nilai karakter adiwiyata dan pelestarian lingkungan. Kelas IPS berangkat pada Sabtu, 18 Januari 2023 dengan tujuan dua tempat, yaitu Candi Prambanan dan Pantai Baron Gunung Kidul DIY. Peserta didik akan melakukan penelitian Sejarah dan Sosiologi di Candi Prambanan. Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Baron dan Krakal untuk penelitian geografi, ekonomi, dan sosiologi.

Para peserta baik MIPA dan IPS berkumpul di SMA Muhi pukul 05.30 WIB. Setelah mendapatkan pengarahan dari panitia dan doa bersama mereka kemudian menuju ke bus masing-masing. Selama dalam perjalanan mereka menikmati sarapan pagi yang telah disediakan sekolah.

Untuk rombongan MIPA tiba di Agrowisata Amanah sekitar pukul 10.30 WIB. Disana para peserta melihat proses pengolahan sampah menjadi pupuk kompos. Peserta juga melihat proses budidaya sapi susu perah. Para peserta juga melihat budidaya ikan sekaligus melakukan pencermatan terhadap struktur tulang ikan. Peserta selanjutnya menuju ke lokasi perkebunan. Mereka mengamati berbagai macam budidaya sayuran dan cara perkembangbiakannya.

Setelah puas melakukan pengamatan, kegiatan dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur dan makan siang. Pukul 13.30 WIB kegiatan dilanjutkan dengan praktikum. Para peserta melakukan pengukuran suhu, kelembapan, PH air, suhu air, dan mengukur intensitas penyinaran cahaya. Kegiatan berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. Setelah Sholat Ashar kegiatan dilanjutkan dengan responsi singkat dengan guru pembimbing. Rombongan MIPA Agrowisata Amanah sekitar pukul 16.00 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 21.00 WIB. Selama di bus para siswa terlihat sangat bahagia. Mereka bernyanyi Bersama, hafalan surat pendek bersama, dan bercerita Bersama.