oleh

KLHK Gelar Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Secara Virtual

JAKARTA, KORANMAKASSAR.COM — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menyelenggarakan Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam (FTNTWA) Indonesia 2020 yang ke – 4 pada tanggal 24 – 26 September 2020. FTNTWA yang untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual tahun ini mengusung tema “Sustainable Tourism (Ekowisata Berkelanjutan)”, yaitu wisata yang unik, aman, mengasikkan namun syarat muatan edukasi dan memberikan pengalaman yang berkesan tentang bagaimana menjadi sahabat alam.

Serangkaian acara yang telah digelar secara online adalah, Virtual Exhibition yang menampilkan sejumlah Taman Nasional dan Taman Wisata Alam dengan program ekowisata menarik, B to B Travel Mart yaitu sejumlah operator perjalanan, pelaku bisnis ekowisata dan wisata alam serta pemerintah daerah yang menawarkan tidak hanya program wisata yang berkesan, tetapi juga termasuk fasilitas dan penawaran special lainnya.

Selain itu ada juga Talkshow yang menampilkan narasumber kompeten di bidang terkait yang memberikan inspirasi bagaimana menikmati ekowisata di era paska pandemi, Virtual Trip yang mengajak peserta untuk berjalan-jalan secara virtual menikmati Taman Nasional Kelimutu, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Via Ferrata Bukit Kelam (BKSDA Kalimantan Barat) dan Taman Nasional Gunung Ciremai serta Kuis berhadiah yang mengajak peserta untuk berinteraksi langsung secara daring.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK, Wiratno, mengharapkan FTNTWA 2020 yang diselenggarakan secara virtual ini diharapkan dapat menjadi ajang sosialisasi dan promosi ekowisata di Taman Nasional dan Taman Wisata Alam bagi pelaku usaha pariwisata alam, wisatawan, dan masyarakat pada umumnya.

“Kunjungan secara virtual merupakan bentuk consumer engagement mengisi kevakuman kegiatan berwisata alam di masa-masa pandemi COVID-19. Sehingga wisata alam tetap menjadi bagian yang produktif dalam menyongsong pasar wisatawan domestik sampai tahun 2021 dan wisatawan asing di pertengahan 2021,” jelas Wiratno.

Untuk memberikan pengetahuan kepada publik, digelar Talkshow “Sustainable Ecotourism” Menyongsong Trend Wisata Pasca Pandemi, bersama dengan Wiratno, Nandang Prihadi (Direktur PJLHK), Ba’diah (Kepala Taman Nasional Kepulauan Seribu), Rizky Handayani (Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events, Salman Dianda Anwar (Ketua Jakarta Tourism Forum), Nurdin Razak (Akademisi dan Praktisi Ekowisata), Swietenia Puspa Lestari (Founder Divers Clean Action), dan Salman Dianda Anwar (Ketua Jakarta Tourism Forum) dengan moderator Gemala Hanafiah (Founder Wet Travel/Flogger).