oleh

Menelusuri 3 Chinatown yang Anti-Mainstream Bersama airasia Superapp

Superapp Super Sale’ Spesial Tahun Baru Imlek Diskon hingga Rp2,288,000 untuk tiket pesawat dan reservasi hotel

JAKARTA, KORANMAKASSAR.COM 23 JANUARI 2024 – Sejak dahulu, migrasi keturunan etnis Tionghoa turut mewariskan jejak kebudayaan di berbagai pelosok dunia. Di antaranya tercermin melalui keberadaan kawasan pecinan atau chinatown. Menjelang Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, airasia Superapp menelusuri tiga destinasi chinatown yang anti-mainstream, serta menghadirkan kampanye Superapp Super Sale dengan Diskon hingga Rp2,288,000.

Selain dinantikan oleh mereka yang merayakan, Tahun Baru Imlek juga menjadi peluang berwisata bagi siapapun. Berdasarkan riset industri pariwisata “e-Conomy SEA” Agustus 2023 yang diterbitkan oleh Google, musim perayaan hari besar memegang peran krusial dalam mengamplifikasikan kebutuhan perjalanan di tengah masyarakat lintas Asia Tenggara. Hal ini menyiratkan adanya signifikansi unsur budaya dalam pengalaman wisata.

Menyambut optimisme tren positif tersebut, airasia Superapp mempersembahkan kampanye bulanan terbesar ‘Superapp Super Sale’ spesial Tahun Baru Imlek dengan Diskon hingga Rp2,288,000. Promo eksklusif ini berlaku sampai 4 Februari 2024 untuk pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel di seluruh dunia. Tidak hanya itu, pengguna juga berkesempatan meraih Bonus 3X airasia points dalam setiap transaksi di dalam aplikasi. Poin yang terakumulasi dapat ditukarkan kembali untuk pembelian selanjutnya.

Acting Country Lead airasia Superapp Indonesia, Arbi Wienandar mengutarakan, ”Memasuki periode Tahun Baru Imlek, kami memahami kebutuhan sebagian masyarakat untuk pulang ke daerah asalnya, begitupun mereka yang hendak berlibur dalam ragam tujuan. Salah satunya cultural tourism atau wisata budaya. Untuk itu, kami senantiasa meresonansi kekuatan airasia Superapp sebagai OTA+ (Online Travel Agent+), dengan mengakomodir kebutuhan perjalanan pengguna dari hulu ke hilir sembari menawarkan harga terbaik.”

Tak terbatas di kota atau negara yang mayoritas berpenduduk keturunan Tionghoa, berikut tiga kawasan pecinan anti-mainstream versi airasia Superapp:

Chinatown Bali
Siapa bilang cuma ada pantai dan persawahan di Bali? Nyatanya, Pulau Dewata juga memiliki chinatown di Desa Adat Tuban, Kabupaten Badung. Diresmikan sejak tahun 2019, kawasan pecinan ini diinisiasi untuk meningkatkan jumlah wisatawan asal Tiongkok ke Bali. Menariknya, lokasi ini sekaligus menjadi sentra pertukaran budaya, kuliner, hingga promosi UMKM lokal. Penasaran untuk berkunjung ke chinatown Bali saat liburan Imlek? airasia Superapp merekomendasikan Swiss-Belhotel Tuban dan Arunika Hotel & Spa untuk akomodasi terdekat dari lokasi chinatown.  

Chinatown Yogyakarta

Terletak tak jauh dari Jalan Malioboro, terpampang gapura besar bertuliskan ‘Kampung Ketandan’ penanda kawasan pecinan di kota Yogyakarta. Nuansa budaya Tionghoa sangat kental terasa karena semua bangunan di kawasan ini masih mempertahankan arsitektur tempo dulu. Maka, tidak heran banyak wisatawan kerap berburu spot foto instagramable berlatar bangunan kuno. Menuju Imlek, pesona Kampung Ketandan akan bertambah memukau dengan banyaknya ornamen lampion dan perhelatan festival budaya Tionghoa. Mau ikut merasakan semaraknya Imlek di chinatown Yogyakarta? airasia Superapp menyediakan maskapai Citilink, TransNusa, dan Pelita Air yang melayani rute domestik seantero Indonesia, termasuk Yogyakarta. 

baca juga : Tips Perjalanan Hemat ala airasia Superapp untuk, Wujudkan Resolusi Liburan Tahun Baru

Chinatown Perth

Beralih ke destinasi luar negeri, kota Perth yang berada di Benua Australia juga memiliki kawasan pecinan yang ciamik. Walaupun dikelilingi oleh budaya barat, Perth Chinatown malah didapuk menjadi destinasi wisata ikonik di ibukota dengan populasi 2,1 juta penduduk ini. Berlokasi di Roe Street Northbridge, Perth Chinatown merupakan pusat Pameran Tahun Baru Imlek Chung Wah Perth yang dimeriahkan lebih dari 30.000 pengunjung dari ragam komunitas budaya. Kini, berlibur ke Perth hanya berjarak empat jam dengan penerbangan langsung dari Jakarta atau Bali. Beberapa maskapai ternama yang menyediakan rute menuju Perth, antara lain AirAsia dan Citilink. 

Sudah bersiap liburan Imlek? Jangan lupa manfaatkan promo Superapp Super Sale untuk merencanakan perjalanan yang praktis, nyaman, dan makin hemat!