oleh

Sambil Ngopi di Ujung Tanah, Melinda Aksa Bahas Peran Strategis UMKM

KORANMAKASSAR.COM — Senam pagi menjadi rutinitas Melinda Aksa tiap akhir pekan. Minggu (20/9/2020) kali ini, Melinda, istri calon walikota Makassar Munafri Arifuddin (Appi) menyambangi Makassar Utara, Kecamatan Ujung Tanah. Bersama Ibu-ibu Teman Rachmat, Melinda ikut meramaikan senam dan aerobik yang diinisiasi oleh legislator PPP, Rachmat Taqwa.

Dipimpin oleh instruktur senam profesional, Melinda Aksa bersama puluhan ibu-ibu hingga anak-anak berlenggak-lenggok diiringi hentakan musim beat. Ibu-ibu teman Rachmat begitu antusias. Hampir selama 45 menit berolahraga bersama, mereka pun tak melewatkan momen untuk foto bahkan selfie dengan CEO Bosowa Education itu.

“Ibu Melinda baik orangnya, ramah, bermasyarakat. Terbaik memang,” celetuk Marni, salah seorang Ibu-ibu Teman Rachmat.

Adapula yang menitip salam untuk Appi karena hari ini adalah ulang tahunnya yang ke-45. “Titip salam untuk Pak Appi ya Bu, selamat ulang tahun. Semoga menang. Makassar ewako!,” seru ibu-ibu lainnya.

Setelah olahraga pagi, Melinda Aksa juga berkesempatan ngopi pagi di Warkop 116 milik H Bachtiar, tokoh masyarakat yang juga tim pemenangan Appi-Rahman di Ujung Tanah. Didampingi Rachmat Taqwa, Melinda tak tampak risih dan canggung berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

“Apa kabar ibu-ibu. Sehat ya semua,” sapa Melinda seraya tersenyum ramah.

Sambil menikmati secangkir kopi, Melinda memberi kesempatan kepada warga untuk menyampaikan unek-unek atau aspirasinya demi Makassar jadi lebih baik ke depan. Mayoritas diantara mereka mengeluhkan sulitnya mendapatkan pinjaman modal usaha. Termasuk pula minimnya bimbingan teknis terkait menjalankan usaha kecil menengah.

Menyambut aspirasi tersebut, Melinda berjanji akan segera memecahkan permasalahan tersebut. Pihaknya segera akan mengedukasi warga yang ingin membuka usaha. Bagi Melinda, UMKM pencipta begitu banyak lapangan kerja dan juga berdiri terdepan kebangkitan ekonomi.

baca juga : Didampingi Politisi PPP, Melinda Aksa Sambangi Korban Kebakaran di Maccini

“UMKM perannya sangat strategis, membuka lapangan kerja, menggerakkan perekonomian. Jadi kita harus fokus sekarang bagaimana UMKM ini bisa bertahan di tengah pandemi,” tegas Melinda.

Melinda juga sempat menyinggung terkait sektor pendidikan, yang memang menjadi fokusnya selama ini. Putri Founder Bosowa, Aksa Mahmud ini mengingatkan masyarakat akan pentingnya pendidikan yang dimulai dari keluarga.

“Ya, jika Appi-Rahman, kami akan benahi sistem pendidikan kita di Makassar. Tidak boleh lagi ada anak yang tidak sekolah karena alasan biaya, atau terkendala sistem zonasi,” pungkasnya. (endra/fajar)