oleh

Tim Komisi Keamanan Jembatan PUPR Akan Lakukan Commissioning Test di Tol Layang Pettarani

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Setelah kurang lebih dua minggu Tol Layang AP. Pettarani beroperasi. Tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan Direktorat terkait dikementrian PUPR, akan melakukan Commissioning Test.

Direktur PT Makassar Metro Network Anwar Toha menjelaskan, pengeoperasian Tol Layang harus disesuaikan dengan system yang disebut Structural Health Monitoring System (SHMS).

“Yang berfungsinya sebagai system control yang memonitor kinerja dan kondisi struktur jalan Tol Layang AP. Pettarani akibat beban kendaraan, beban gempa dan pengaruh suhu selama masa operasional Jalan Tol Layang,” kata Anwar Toha melalui keterangan tertulisnya, Rabu (07/04/2021).

Lebih lanjut, selama Commissioning Test berlangsung pada hari Sabtu (10/04/2021) pada 21.00 sampai Minggu (11/04/2021) jam 04.00, diharapkan tak ada kendaraan yang melintas di atas Tol Layang.

baca juga : Pengoperasian Jalan Tol Layang Pettarani Makassar Masih Gunakan Tarif Lama

Sehingga untuk penutupan selama tujuh jam tersebut arus kendaraan akan dialihkan ke jalan arteri Jalan. AP. Pettarani, baik dari arah selatan ke utara maupun dari arah Tol Reformasi. Ia pun meminta dukungan dan kerjasama masyarakat serta semua pihak dalam Commissioning Test.

“Diharapkan proses Commissioning Test ini dapat berjalan dengan lancar dan Jalan Tol Layang AP. Pettarani dapat dilewati kembali pada hari Minggu pagi, maka untuk itu mohon dukungan dan kerjasama semua pihak guna terlaksanakannya kegiatan ini”, ” tutup Anwar Toha. (Dhany)