oleh

Tingkatkan Kompetensi Penjaga Laut dan Pantai, Kemenhub Gelar Pelatihan Boarding Officer Personil KPLP

SURABAYA, KORANMAKASSAR.COM — Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petugas di lapangan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran di Tanah Air.

Peningkatan keterampilan salah satunya dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan pelatihan Boarding Officer yang kali ini digelar selama 5 (lima) hari di Surabaya. Acara ini mengusung tema “Tingkatkan Keterampilan dan Kemampuan Personel Boarding Officer melalui Mitigasi risiko dalam rangka Keamanan, Keselamatan Pelayaran menuju poros Maritim Dunia”.

Direktur KPLP, Ahmad dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan performa kemampuan pertahanan diri walaupun dalam suasana yang tidak biasa terkait covid 19.

“Dengan adanya pandemi ini. tidak berarti membuat kita menjadi lemah dalam membekali diri untuk tujuan mulia yaitu melayani kebutuhan masyarakat pengguna jasa transportasi laut. Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil KPLP harus cekatan, professional serta menguasai aturan – aturan yang berlaku datam dunia maritim,” kata Ahmad, di Surabaya, Rabu (7/4).

Selain itu, Ahmad menyatakan personil juga harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya keterampilan tentang Boarding Officer.